May Allah accept this attempt for the good of all. Aamiin

Daily Bread 24

"What is defeat? Nothing but education; nothing but the first step to something
better." - Wendell Phillips

Apakah kekalahan ? Tidak ada artinya kecuali sebuah pembelajaran; tidak ada
artinya kecuali langkah awal untuk sesuatu yang lebih baik.

Kalah itu menyakitkan bukan ? Apalagi di saat kita sudah persiapkan segala
sesuatunya dengan baik, dan masih juga bisa kalah.

Kekalahan tidak hanya terjadi di medan perang, atau di pertandingan; kekalahan
juga terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.

Gagal ujian, gagal seleksi karyawan, gagal kenaikan jabatan, dan masih banyak
lagi kekalahan-kekalahan yang kita alami dalam kehidupan ini.

Akan tetapi apakah kita langsung berhenti saja setelah menderita kekalahan ?

Saya terus terang menikmati dan belajar dari Three Kingdoms. Saya belajar dari
Cao Cao, yang tidak berhenti setelah mengalami kekalahan besar di Chi Bi; bahkan
Cao Cao segera menyadari kekeliruannya dan memperbaiki strateginya. Saya belajar
dari Liu Bei yang menganggap kekalahan sebagai awal untuk keberhasilan. Beberapa
kali Liu Bei kalah, sampai akhirnya dia bisa menang besar dari Cao Cao di
pertempuran Han Zhong.

Apabila kita menyaksikan film Three Kingdoms, dari awal sampai akhir, terjadi
banyak kekalahan dan kemenangan. Dari sini, saya belajar bahwa kalah dan menang
adalah hal yang biasa. Dulu, saya akui bahwa saya tidak bisa menerima kekalahan.
Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk menang. Menang dan menang, itulah kata
yang terus berputar di otak saya, tetapi semakin saya berusaha menghilangkan
kekalahan, semakin saya dihadapkan pada kekalahan. Di sinilah saya mulai
mengubah pemahaman diri saya bahwa kekalahan adalah awal untuk kemenangan. Benar
saja, setelah saya ubah mindset saya, dan hasilnya justru saya lebih banyak
menang karena saya merasa tidak terbebani untuk menang.

Jadi, yang penting bukan kalah atau menangnya, melainkan usaha kita. Kalaupun
kalah, berarti sebuah awalan untuk menang. Kalaupun menang, bisa berarti juga
awalan untuk kalah, tetapi bisa juga menang kembali.
Good day...Good Luck...God Bless You
-----
A.C. Huang

-TODAY-
> Live as if your were to die tomorrow. Learn as if you were to live forever.
> (Gandhi)